Isnin, 4 Februari 2013

Struktur sosial, Status sosial, Peran sosial serta Stratifikasi sosial!


Dalam sosiologi makro membahas mengenai struktur sosial. Menurut ilmu sosiologi, struktur sosial adalah tatanan atau susunan sosial yang membentuk kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat.
Ciri – ciri struktur sosial antara lain :
-  Bersifat abstrak
-  Terdapat dimensi vertikal dan horizontal
-  Sebagai landasan sebuah proses sosial suatu masyarakat
-  Bagian dari sistem pengaturan tata kelakuan dan pola hubungan masyarakat
-  Selalu berkembang dan dapat berkembang
Fungsi struktur sosial dalam masyarakat :
1.  Social Control (pengawasan sosial) : Artinya struktur sosial merupakan penekan terhadap adanya pelanggaran nilai dan norma masyarakat sehingga disiplin kelompok dapat dipertahankan
2.  Discipline Control (disiplin sosial) : Agar masyarakat tahu cara bersikap dan bertindak sesuai dg harapan dan ketentuan masyarakat.
Konsep dasar struktur sosial ada dua yaitu mengenai Status sosial dan Peranan sosial
  1. a. Status Sosial
Status sosial adalah kedudukan sosial seseorang dalam kelompok masyarakat (meliputi keseluruhan  posisi sosial yang terdapat dalam kelompok masyarakat). Status dibagi menjadi 3 :
1) Ascribed Status
Status yang diberikan kepada seseorang oleh masyarakat tanpa memandang bakat/karakteristik unik orang tersebut (didapat secara otomatis melalaui kalahiran/keturunan .
Contoh : Keturunan kerajaan, Kasta.
2) Achieved Status
Status yang didapat seseorang karena usaha-usahanya sendiri, seseorang harus melakukan sesuatu untuk mendapatkan stetusnya, seperti bersekolah, berketrampilan, menciptakan sesuatu yang baru. Status yang diperoleh melalui perjuangan.
Contoh : mahasiswa, dokter, hakim, guru, dll.
3) Assigned Status
Status yang diberikan kepada seseorang karena telah berjasa melakukan sesuatu untuk masyarakat.
Contoh : Peraih gelar Doktor HC, Pahlawan, Peraih Nobel dll.
  1. b. Peran Sosial
Peran sosial adalah seperangkat harapan terhadap seseorang yang menempati suatu posisi/status sosial. Contoh : Pak Narji adalah seorang polisi, beliau mendapati anaknya sebagai tersangka dalam kasus narkoba. Pak Narji harus melakukan perannya sebagai polisi, walaupun bila berada di rumah, beliau berperan sebagai seorang ayah bagi anaknya tersebut. Peran sosial memiliki beberapa fungsi bagi individu maupun orang lain. Fungsi tersebut antara lain:
  1. Peranan yang dimainkan seseorang dapat mempertahankan kelangsungan struktur masyarakat, seperti peran sebagai ayah atau ibu.
  2. Peranan yang dimainkan seseorang dapat pula digunakan untuk membantu mereka yang tidak mampu dalam masyarakat. Tindakan individu tersebut memerlukan pengorbanan, seperti peran Relawan, dokter, perawat, pekerja sosial, dsb.
  3. Peranan yang dimainkan seseorang juga merupakan sarana aktualisasi diri, seperti seorang lelaki sebagai suami/bapak, seorang wanita sebagai isteri/ ibu, seorang seniman dengan karyanya, dsb
.
  1. c. Stratifikasi Sosial
Stratifikasi sosial menurut Max Weber adalah stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi status sosial.
  1. Kriteria Penggolongan Pelapisan Sosial :
a. Ukuran kekayaan.
b. Ukuran kekuasaan.
c. Ukuran kehormatan.
d. Ukuran ilmu pengetahuan
  1. Sifat Pelapisan Sosial :
a. Tertutup (closed social stratification) membatasi kemungkinan untuk pindah dari satu lapisan ke lapisan yang lain. Contoh sistem kasta pada masyarakat feodal, masyarakat apartheid.
b. Terbuka (opened social stratification), setiap anggota masyarakat mempunyai kesempatan untuk naik ke lapisan sosial lebih tinggi. Contoh masayarakat pada negara-negara industri maju.
c. Campuran, adalah kombinasi terbuka dan tertutup dan ini sering terjadi dalam masyarakat. Misalnya untuk hal-hal tertentu bersifat terbuka, tetapi untuk hal-hal tertentu yang lain bersifat tertutup
  1. Fungsi Stratifikasi Sosial :
  1) Alat untuk mencapai tujuan.
  2) Mengatur dan mengawasi interasksi antar anggota dalam sebuah sistem stratifikasi.
  3) Stratifikasi sosial mempunyai fungsi pemersatu.
  4) Mengkategorikan manusia dalam stratum yang berbeda.

1 ulasan:

  1. maap fusi sosial itu social control sama dicipline social ya ?

    BalasPadam